Destinasi Wisata Baru di TNBS

0
81

Jambi, 7 Januari 2019. Taman Nasional Berbak dan Sembilang merupakan salah satu Taman Nasional yang terdapat di Provinsi Jambi yang terletak di bagian timur jambi, tepatnya di Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Kabupaten Muaro Jambi serta di Provinsi Sumatera Selatan tepatnya di Kabupaten Bayuasin dan Musi Banyuasin.

Taman Nasional Berbak dan Sembilang mempunyai luas kawasan Taman Nasional Berbak ±141.261,94 Ha dan Taman Nasional Sembilang 202.896 Ha. TNBS selain mempunyai fungsi penting sebagai kawasan konservasi juga dapat dimamfaatkan untuk kegiatan ekowisata di zona yang telah ditentukan.

Saat ini Taman Nasional Berbak dan Sembilang membuka 3 (tiga) pintu masuk yaitu di SPTN wilayah I tepatnya di Air Hitam Dalam, SPTN Wilayah II tepatnya di Sembilang (Palembang)  dan SPTN Wilayah III di Air Hitam Laut.

Salah satu lokasi yang dimanfaatkan untuk kegiatan ekowisata yaitu di SPTN Wilayah I Resort Sungai Rambut tepatnya di Simpang Bungur. Fasilitas wisata yang ada di Simpang Bungur antara lain Jalan Trail sepanjang 1 km, dan menara pantau, toilet, pos jaga dan area camping ground.

TNBS merupakan lahan basah terluas di Asia Tenggara untuk gambut nya, dan urutan nomor tiga terluas mangrovenya di Indonesia bagian barat. Aktivitas yang dapat di lakukan di lokasi TNBS adalah pengamatan hidupan liar, berkemah, penelusuran sungai, dan memancing.

Pengunjung dapat masuk dari tiga pintu masuk ini, tentunya dengan fasilitas yang dijumpai juga berbeda sesuai dengan ekosistemnya. Untuk Taman Nasional Sembilang lebih di dominasi oleh tanaman Mangrove dan kegiatan susur sungai melihat gugusan ekosistem mangrove dan burung migran yang datang ke Sembilang pada saat migrasi di bulan November – Maret tentunya sangat menarik bagi pengunjung.

Taman Nasional Berbak juga mempunyai ciri khas yang unik yaitu dengan ekosistem hutan rawa gambut nya dan menjadi tempat tinggal satwa Harimau Sumatera yang sudah sangat langka.

Keunikan inilah yang menjadi daya tarik TNBS untuk menjadikannya salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi dan jarak tempuh yang cukup dekat dari kota Jambi khususnya Simpang Bungur di SPTN Wilayah I.

Sumber : Balai TN Berbak dan Sembilang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here