Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat Untuk Resolusi Konflik Tenurial Kawasan Hutan

0
43

Taman Nasional Berbak dan Sembilang adalah kawasan hutan yang berada di sekitar wilayah masyarakat, berbagai macam konflik yang bisa terjadi antara pihak Taman Nasional dengan Masyarakat sekitar kawasan hutan.

Salah satu upaya untuk mengurangi konflik tersebut yaitu dengan memfasilitasi staf Balai TNBS terutama Penyuluh Kehutanan yang ada di TNBSĀ  tentang Ilmu Pemberdayaan Masyarakat Resolusi Konflik Tenurian Kawasan Hutan.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan in class training pada tanggal 23-25 Januari 2019 di gedung Brigdalkarhut TNBS di Kelurahan Simpang, dan out class training pada tanggal 28-10 Januari 2019 di Desa Rantau Rasau.

Pelatihan ini diselenggarakan oleh Yayasan Pusat Informasi Lingkungan Indonesia (PILI-Green Network) sebagai mitra yang terpilih oleh UNDP Sumatran Tiger Project yang diikuti oleh Penyuluh Kehutanan dan Masyarakat sekitar kawasan dengan jumlah peserta sebanyak 7 orang. Tema pelatihan yang akan dilaksanakan di Taman Nasional Berbak dan Sembilang adalah mengenai pemberdayaan masyarakat untuk resolusi konflik di sekitar Resort Sungai Rambut.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah: 1. Pemahaman mengenai pemetaan partisipatif, 2. Pemahaman mengenai pemberdayaan masyarakat untuk resolusi konflik tenurial. Pembicara pelatihan berasal dari Impartial Mediator Network (IMN) yang sudah berpengalaman dalam isu konflik tenurial.

Dari pelatihan ini diharapkan dapat menjadi salah satu wadah yang dapat membuat staf Balai TNBS terutama Penyuluh Kehutanan untuk dapat menangani konflik dengan masyarakat yang ada disekitar kawasan TNBS.

Sumber : Balai TNBS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here