Temuan Jerat Harimau saat Hiking GTD di TNBS

0
22

Jambi, 31 Juli 2019. Kegiatan hiking berlangsung dengan penuh petualangan, kegiatan ini baru pertama kali dilakukan di kawasan Taman Nasional Berbak dan Sembilang khususnya di SPTN Wilayah I. Hal ini juga merupakan pengalaman yang tak terlupakan bari para peserta, karena dapat langsung merasakan kehidupan alam liar yang ada di TNBS.

Pada saat giat hiking kemah konservasi harimau dalam rangka memperingati global Tiger day di Resort Sungai Rambut, tanggal 27 Juli 2019, menemukan jerat satwa mangsa sebanyak 3 buah jerat. Jerat yang ditemukan ini adalah jerat tradisional  yang terbuat dari ranting kayu dan tali.

Jerat tersebut dibersihkan dari lokasi pemasangan dan dibawa keluar kawasan TNBS. Jerat satwa mangsa ini ditemukan oleh tim 3, sampai saat ini kita belum mengetahui siapa dan motif orang untuk memasang jerat tersebut.

Temuan jerat ini menjadi pengalaman yang luar bagi peserta hiking biasa terutama bagi tim 3, mereka mendapatkan pelajaran bahwa masih ada orang-orang yang usil terhadap kelestarian satwa yang ada di hutan, dan diperlukannya perhatian yang lebih bagi generasi muda untuk menjaga kelestarian hutan dan satwa yang ada didalamnya.

Ini merupakan salah satu bentuk nyata kepedulian anak-anak Pramuka dalam pelestarian Harimau Sumatera dan satwa lainnya, terutama yang berada di dalam kawasan hutan Taman Nasional Berbak dan Sembilang.

Sumber : BTNBS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here