Eksflorasi Mahasiswa Fahutan IPB

0
33

Jambi, 12 Agustus 2019. Balai Taman Nasional Berbak dan Sembilang menerima kunjungan mahasiswa Fakultas Kehutanan IPB sebanyak 45 orang. Para mahasiswa tersebut akan melakukan kegiatan ekspedisi flora dan studi ilmiah (Eksflorasi). Kegiatan Eksflotasi tahun 2019 di Taman Nasional Berbak dan Sembilang dilakukan untuk mengeksplorasi sumberdaya alam hayati pada ekosistem hutan rawa gambut.

Kegiatan Eksflorasi dilakukan selama 5 hari di Simpang Bungur, Resort Sungai Rambut, SPTN Wilayah I dengan pendampingan dari petugas TN Berbak dan Sembilang.

Kegiatan Eksflorasi diawali dengan persentasi di kantor Balai TNBS. Pada presentasinya para mahasiswa akan melakukan penelitian dengan 6 tema penelitian yang nantinya akan dibuat menjadi sebuah buku atau karya ilmiah.

Para mahasiswa sangat antusias untuk melaksanakan kegiatan Eksflorasi di kawasan TNBS karena menjadi pengalaman pertama mereka memasuki hutan lahan basah yang cukup luas. Meskipun dengan keterbatasan fasilitas dilapangan, hal ini tidak menyurutkan langkah para mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan penelitian di ekosistem hutan rawa gambut.

Dengan pelaksanaan kegiatan ekspedisi flora dan studi alam di Taman Nasional Berbak diharapkan para mahasiswa mendapatkan manfaat dari penelitian yang dilakukan.

Sumber : BTNBS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here