Workshop Isu Strategis dan Rencana Aksi RPJP TN Sembilang

0
21

Palembang, 30 Agustus 2019. Rencana Pengelolaan Jangka Panjang (RPJP) merupakan dokumen penting yang memuat rencana aksi yang akan digunakan sebagai acuan dalam pengelolaan kawasan taman nasional selama 10 tahun kedepan.

Balai Taman Nasional Berbak dan Sembilang mengadakan Workshop isu-isu strategis dan rencana aksi yang melibatkan pemerintah daerah, mitra dan UPT lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan jumlah peserta 30 (tiga puluh)  orang. Workshop yang diadakan ini khusus membahas tentang Taman Nasional Sembilang.

Workshop dilaksanakan selama 3 (tiga) hari di hotel Santika Radial Palembang pada tanggal 27-29 Agustus 2019. Kegiatan ini menghasilkan beberapa rencana aksi yang akan di implementasikan selama 10 (sepuluh) tahun kedepan. Rencana aksi ini merupakan salah satu komponen yang menjadi bagian dari dokumen RPJP.

Pada workshop disepakati beberapa rencana aksi yang tidak lepas dari visi Taman Nasional Sembilang itu sendiri yaitu : “Taman Nasional Sembilang menjadi lahan basah dengan ekosistem mangrove terbaik sebagai habitat harimau sumatera dan burung air yang lestari serta bermanfaat bagi masyarakat”.

Workshop berlangsung dengan baik, antusiasme peserta workshop dalam merumuskan rencana aksi demi kelestarian Taman Nasional Sembilang juga menjadi salah satu indikator keberhasilan acara dimaksud. Semua pihak saling memberikan ide dan sumbangsih pemikirannya bagi kelestarian kawasan pelestarian alam yang berada di Provinsi Sumatera Selatan ini.

Pimpinan dan seluruh staf Balai Taman Nasional Berbak dan Sembilang berharap rencana aksi yang telah dirumuskan bersama ini dapat terlaksana dengan baik sehingga dapat memberikan dampak nyata bagi kelestarian Taman Nasional Sembilang khususnya.

Sumber : Balai TNBS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here