Pelatihan Pengelolaan Database Harimau Sumatra oleh ZSL

0
22

Jambi, 11 September 2019. Bertempat di kantor Zoological Society of London (ZSL) dilaksanakan kegiatan Pelatihan Pengelolaan Database Kamera Trap dan Sinkronisasi Data Harimau Lansekap Berbak Sembilang. Pelatihan ini merupakan salah satu kegiatan transfer knowledge yang di inisiasi oleh ZSL bagi staf Balai Taman Nasional Berbak dan Sembilang.

Pelatihan ini di ikuti oleh 7 (tujuh) orang Staf TNBS dan dibuka oleh Kepala Balai TNBS Bapak Pratono Puroso dan Manager ZSL Jambi Bapak Yoan Dinata berserta Staf ZSL.

Tujuan Kegiatan ini adalah untuk menyusun protokol pengelolaan database kamera trap dan biodiversity lingkup TNBS, pengenalan database ZSL CTAP dalam pengelolaan kamera trap serta Integrasi dan Sinkronisasi data Harimau di Lansekap Berbak Sembilang. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dari tanggal 9-11 September 2019.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan agenda sinkronisasi data kamera trap bersama APP pada tanggal 12-13 September dikantor Balai TNBS. Hal ini untuk mendapatkan data yang sama dan dari satu sumber yang sama,sehingga tidak terjadi kesalahan dikemudian hari.

Peserta pelatihan sangat antusias mengikuti kegiatan ini, karena ilmu yang disampaikan sangat bermanfaat bagi pengelolaan kawasan Taman Nasional Berbak dan Sembilang, karena salah satu misi pengelolaan TNBS adalah terkait konservasi harimau.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan terjadi transfer ilmu pengetahuan tentang pengelolaan database Harimau Sumatera di lansekap Berbak-Sembilang. Disamping itu Kepala Balai berharap staf yang ditugaskan untuk mengikuti pelatihan ini dapat mengimplementasikan ilmu yang telah di dapat untuk diterapkan.

Sumber : BTNBS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here