Pemadaman Kebakaran Hutan di TNBS

0
16

Jambi, 17 September 2019. Tahun 2019 ini adalah tahun yang cukup kelam bagi masyarakat Indonesia umunya dan masyarakat Provinsi Jambi khususnya karena bencana kebakaran hutan dan lahan yang cukup besar membuat kita semua sulit mendapatkan udara bersih terutama di Provinsi Jambi. Kebakaran yang terjadi saat ini sangat luas, dan kawasan Taman Nasional Berbak dan Sembilang juga tidak luput dari kebakaran.

Kawasan TNBS merupakan kawasan pelestarian alam dengan ekosistem llahan basah yang sebagian besar merupakan lahan gambut yang sangat mudah terbakar ketika terjadi kemarau yang panjang.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk memadamkan kebakaran hutan, kerjasama dari semua pihak juga telah dilaksanakan antara lain dengan TNI, BNPB, BKSDA Jambi, PPI bahkan masyarakat sekitar kawasan juga turut membantu memadamkan api. Stakeholder yang tergabung dalam Satgas Karhutla bekerja siang dan malam untuk mengembalikan udara yang bersih bagi kita semua.

Anggota Brigdalkarhut Balai TNBS tidak henti-hentinya bekerja siang dan malam untuk memadamkan kebakaran di dalam kawasan taman nasional. Anggota Brigdalkarhut dan petugas lapanga dibantu oleh TNI, Polri dan masyarakat untuk memadamkan api.

Kebakaran hutan dan lahan ini adalah bencana yang bisa kita hindari ketika kita patuh terhadap peraturan yang telah ditetapkan, misalnya bertani dengan tidak membakar lahan sehingga api yang ditimbulkan tidak merambat ke wilayah lain sehingga menciptakan kebakaran yang lebih luas dan sulit untuk dipadamkan.

Kita berharap semoga tidak terjadi lagi kebakaran hutan dan lahan karena sangat banyak yang dirugikan dalam hal ini, terutama oksigen yang dibtuhkan oleh setiap makhluk hidup untuk bernapas. Jagalah hutan agar tetap lestari, jangan membakar hutan dan lahan.

Sumber : BTNBS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here