Haluan Baru Perkumpulan Gita Buana

0
118

Jambi, 10 Februari 2020. Pelibatan para pihak dalam pengelolaan Taman Nasional Berbak dan Sembilang (TNBS), salah satunya LSM, merupakan hal yang perlu dilakukan untuk peningkatan efektifitas pengelolaan TNBS. Salah satu LSM yang pernah bekerjasama dengan TNBS yakni Perkumpulan Gita Buana. TNBS hadir dalam acara Penyusunan Dokumen Rencana Strategis Perkumpulan Gita Buana yang diselenggarakan pada Jumat tanggal 7 Februari 2020 bertempat di Hotel Odua Weston Jambi kemarin.

Penyusunan dokumen rencana strategis Perkumpulan Gita Buana ini diharapkan mampu melahirkan “Peta Jalan” untuk menuju arah dan haluan baru dengan strategi yang baru juga bagi Perkumpulan Gita Buana kedepannya. Hal tersebut berorientasi pada kecakapan dan responsive terhadap isu-isu strategis yang sedang berkembang yang berdampak pada kelestarian sumber daya alam dan ketersediaan lingkungan hidup bagi masyarakat.

Acara ini dihadiri oleh berbagai elemen pemerintahan di Provinsi Jambi yaitu BAPPEDA, Dinas Kehutanan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perkebunan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Balai TNBS, Balai Besar TNKS, Balai TNBTP, dan beberapa KPH dan KPHP. Acara berlangsung lancer dan interaktif dengan dipandu oleh fasilitator yaitu Bapak Hasan Toha Adnan yang cukup komunikatif menggali berbagai informasi dari tiap peserta agar dapat menjadi masukan bagi penyusunan rencana strategis Perkumpulan Gita Buana.

Terlebih dahulu acara dibuka dengan penyampaian sejarah Perkumpulan Gita Buana yang disampaikan oleh Bapak Mulya Sakti selaku Ketua Dewan Anggota Gita Buana. Barulah disitu diketahui bersama bahwa Gita Buana ini merupakan LSM tertua di Jambi.

“Gita Buana ini merupakan LSM tertua yang ada di Jambi, lebihd ari 30 tahun umurnya.  Namun karena anggota-anggotany asibuk di bidang masing-masing, sehingga Gita Buana sedikit terbengkalai. Melalui kegiatan ini diharapkan Gita Buana dapat menemukan haluan baru kemana arah tujuan organisasi ini akan dibawa”kata Pak Mulyadi sela-sela penjelasannya.

Dibentuk pada tahun 1987 dengan nama Gita Buana Club oleh beberapa pecinta alam Fakultas Perjanian Universitas Jambi lalu pada tahun 1992 berkembang menjadi Yayasan Gita Buana dan kemudian barulah di tahun 2003 lahir Perkumpulan Gita Buana dengan anggota sebanyak lebih dari 200 orang. Sekretariat atau Base Camp Perkumpulan Gita Buana ini berada di Lrg.H.Ibrahim Kelurahan Rawasari Kecamatan Alam Barajo Provinsi Jambi yang terbuka apabila ada yang ingin dating berkunjung.

Kegiatan yang telah dilakukan oleh Perkumpulan Gita Buana sudah banyak, mayoritas bergerak dibidang peningkatan ekonomi dan kapasitas masyarakat sekitar kawasan hutan dengan tidak melupakan isu-isu konservasi hutan dan lingkungan hidup. Salah satu kegiatan yang pernah dilakukan oleh Perkumpulan Gita Buana yang cukup menyedot perhatian adalah pengelolaan tanaman jernang di Kabupaten Sarolangun. Namun sayangnya kegiatan tersebut tidak dilanjutkan lagi.

Banyak hadirin yang hadir di acara ini memang belum mengenal atau bahkan mengetahui tentang Perkumpulan Gita Buana, dengan adanya acara ini hadirin dapat mengetahui bahwa di Jambi ada LSM lokal yang berada di tapak langsung kemasyarakat. Sehingga untuk kedepannya apabila ada kegiatan pemerintahan yang dapat bersinergi dengan visi misi serta haluannya agar Perkumpulan Gita Buana dapat dilibatkan. (Ratih/TNBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here