Buaya Fauna Penghuni Simpang Malaka, SPTN Wilayah III Air Hitam Laut

0
176

Jambi, 14 Februari 2020. Halo sobat konservasi, bicara tentang konservasi tentunya tidak lepas dari Flora dan Fauna yang ada di dalamnya. Taman Nasional Berbak dan Sembilang sebagai salah satu kawasan Konservasi yang ada di Provinsi Jambi juga mempunyai flora fauna yang tidak kalah menarik untuk disimak.

Salah satunya Buaya, buaya yang ada di TNBS ada dua jenis loh, ada Buaya Sinyulong (Tomistoma Schlegelii) dan Buaya Muara (Crocodylus porosus) dan kedua jenis buaya ini ada di wilayah SPTN III Air Hitam laut yang merupakan habitat buaya muara dan buaya sinyulong. Melihat langsung buaya di alam bebas tentunya menjadi pengalaman yang cukup seru bagi pengunjung Taman Nasional.

Buaya adalah salah satu hewan yang lebih banyak beraktifitas di malam hari  dalam mencari mangsa, dan siang hari lebih banyak digunakan untuk berjemur. Mata buaya ketika terkena lampu senter di malam hari berwarna merah sehingga lebih mudah untuk di kenali.

Aktifitas buaya dimalam hari ini merupakan tantangan tersendiri bagi teman-teman yang ingin menguji adrenalin dengan melakukan safari night untuk melihat aktifitas buaya dengan menggunakan perahu dayung dan senter besar di malam hari.

Safari night ini hanya untuk yang berani ya sobat konservasi, bagi nyalinya belum teruji dimohon untuk tidak melakukan kegiatan ini, cukup menikmati buaya dari pinggir dermaga simpang malaka, atau bisa juga disepanjang aliran sungai bisa menyaksikan buaya yang lagi berjemur, bagi yang beruntung.

Flora dan Fauna yang ada di kawasan konservasi baik itu buaya, harimau, pohon dan lainnya merupakan tugas kita untuk menjaganya sehingga kelestariannya tetap terjaga dan dapat dinikmati oleh anak cucu di kemudian hari Salam Konservasi.

Sumber : Balai TNBS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here