TNBS Berpatisipasi pada Peringatan Hari Lahan Basah di Klaten, Jawa Tengah

0
146

Jambi, 18  Februari2020. Peringatan Hari Lahan Basah tahun 2020 dilaksanakan pada tanggal 13 Februari 2020 di Taman Kehati Aqua Klaten, Jawa Tengah, kegiatan ini di inisiasi oleh Direktorat Ekosistem Esensial, Ditjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem.

Hari Lahan Basah sendiri ditetapkan setiap tanggal 2 Februari. Perayaan tahun ini mengangkat tema tentang “Wetlands and Biodiversity” yang bertujuan untuk mensosialisasikan pentingnya lahan basah sebagai penyangga kehidupan terutama bagi pelestarian keanekaraman hayati.

Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah pejabat lingkup KLHK, Akademisi, NGO, Kepala Desa dan Tokoh masyarakat setempat. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Balai Taman Nasional Berbak dan Sembilang bapak Pratono Puroso dan Kepala SPTN Wilayah III bapak Nurazman.

Agenda kegiatan peringatan hari Lahan Basah tahunini antara lain berupa kampanye lahan basah, penanaman bibit pohon, pelepasliaran burung, aksi bersih sampah, talkshow, dan penyerahan apresiasi pengelolaan kehati kepada kelompok masyarakat.

Pada kesempatan ini juga diluncurkan teknologi baru cara cepat mengidentifikasi keanekeragaman hayati, yaitu dengan menggunakan barcode, dimana barcode ini ditempelkan pada pohon yang sudah teridentifkasi.

Sumber : Balai TNBS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here