Staf Balai TNBS menjadi Narasumber Inhouse Training Implementasi Smart RBM di TN Teso Nilo

0
168

Jambi, 02 Maret 2020. Spatial Monitoring and Reporting Tools – Resort Based Management (SMART RBM) atau system informasi pengelolaan kawasan konservasi yang berbasis patrol sudah dikenal dalam pengelolaan Taman Nasional Berbak (TNB) sejak tahun 2015.

Pelaksanaan patrol berbasis SMART pada awalnya digunakan oleh Tiger Protection and Patrol Unit (TPPU) untuk pengumpulan data lapangan terkait perlindungan harimau sumatera di kawasan TNB. Setelah dilakukan penyempurnaan sistem dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia melalui pelatihan bagi Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) dan Polisi Kehutanan (Polhut) Balai Taman Nasional Berbak dan Sembilang (BTNBS), SMART-RBM mulai diimplementasikan pada setiap kegiatan patroli di seluruh resort pengelolaan taman nasional lingkup Balai TNBS.

Dengan bekal pengalaman, pemahaman dan kemampuan dalam implementasi SMART-RBM, dua orang pegawai Balai TNBS diminta untuk menjadi narasumber dalam kegiatan Inhouse Training Implementasi SMART-RBMTaman Nasional Teso Nilo yang berlangsung di Pelalawan Riau pada tanggal 25 Februari 2020.Keduanya adalah Ridwan Yuswa, SH selaku operator SMART-RBM dan Anwar, SH anggota TPPU Balai TNBS.

Inhouse Training yang diikuti oleh 30 (tiga puluh) orang peserta yang terdiri dari personil Polhut, PEH dan Penyuluh lingkup Balai TamanNasional Teso Nilo (BTNTN) ini berlangsung dengan baik. Peserta sangat antusias menerima sharing pengetahuan tentang implementasi SMART-RBM yang telah di laksnakan oleh Balai TNBS.

Balai TNTN pada tahun ini mulai mencoba mengimplementasikan SMART-RBM pada kegiatan patroli yang rutin dilakukan setiap bulannya. Kepala Sub Bagian Tata Usaha BTNTN pada saat membuka acara ini berharap agar kegiatan inhouse training ini dapat mendukung pengelolaan kawasan Taman Nasional TesoNilo menjadi lebih baik lagi.

Sumber : Balai TNBS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here