Pembentukan Desa Mandiri Kebakaran Rantau Rasau

0
198

Balai TNBS bersama Pemerintah Daerah, TNI, Polri dan masyarakat terus melakukan upaya pencegaan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan baik melalui kampanye, sosilisasi, patroli dan poko siaga kebakaran hutan dan lahan yang ditempatkan di Desa-desa sekitar kawasan yang rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Upaya penyadartahuan yang bersifat preventif kepada masyarakat di daerah-daerah yang rawan kebakaran di sekitar kawasan TNBS perlu ditindaklanjuti dengan melibatkan peran aktif masyarakat dalam mitigasi bencana kebakaran dan penguatan kelembagaan MPA yang sudah ada.

pada tanggal 29 September s.d. 30 September 2020 Balai TNBS melalui Tiger Ptoject GEF UNDP melakukan upaya penguatan kelembagaan dimaksud melalui pembentukan model/percontohan “Desa mandiri kebakaran” di Wilayah TN Berbak yang dilaksanakan di Desa Rantau Rasau Kecamatan Berbak Kabupaten Tanjung Jabung Timur Jambi.

Kegiatan ini diikuti oleh 35 orang peserta yang terdiri dari MPA Dusun Sungai Palas Desa Rantau Rasau, Balai TNBS, Babinsa, Bhabinkantibmas, Tokoh Masyarakat  serta Brigdalkarhut TNBS, dan dihadiri oleh Kepala Balai TNBS yang diwakili oleh Kepala SPTN Wilayah I, Camat Berbak, Kapolsek Berbak, Danramil 419-04 Nipah Panjang dan Kepala Desa Rantau Rasau, kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Camat Berbak sebagai perwakilan Pemerintah daerah.

Pemilihan Desa Rantau Rasau sebagai Model Desa Mandiri Kebakaran dikarenakan Desa tersebut merupakan desa yang berbatasan lansgung dengan TN Berbak dan pada tahun 2015 dan 2019 dimana desa tersebut mendapatkan kiriman api kebakaran dari desa tetangga yang mengakibatkan terjadinya kebakaran di kawasan TN Berbak, selain itu MPA Dusun Sungai Palas Desa Rantau telah dilatih Dalam Pengendalian Karhutla Melalui Pembinaan Masyarakat Berkesadaran Hukum (PARALEGAL) Tahun 2020 yang dilaksanakan oleh Direktorat PKHL Ditjen PPI bekerjasama dengan Pusdiklat LHK.

Dari paparan narasumber yang berasal dari unsur Pemeritah Derah, Kepolisian dan BTNBS serta hasil diskusi yang berlangsung selama kegiatan, dirumuskan kesepakatan pembentukan Desa Rantau Rasau Sebagai Desa Mandiri Kebakaran yang dituangkan dalam Berita Acara dan ditanda tangani perwakilam peserta dimana Masyarakat Desa Rantau Rasau berkomitmen dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

Desa mandiri kebakaran diharapkan dapat menjadi salah satu solusi dalam mitigasi bencana kebakaran hutan dan lahan di TNBS dan sekitarnya.

Sumber : BTNBS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here