Sinkronisasi Perencanaan Program Balai TN Berbak dan Sembilang dalam Musrenbang Tingkat Kecamatan

0
48

Simpang-03 Februari 2021. Demi terwujudnya sinkronisasi dan harmonisasi Balai TN Berbak dan Sembilang turut aktif berpartisipasi dalam kegiatan Musrenbang Tingkat Kecamatan yang diadakan oleh Pemerintah Daerah secara paralel untuk 4 (empat) kecamatan (Nipah Panjang, Sadu, Rantau Rasau dan Berbak) pada Dapil 2 (dua) Kabupaten Tanjung Jabung Timur. kegiatan yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 03 Februari 2021 ini dilakukan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan dibuka oleh Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan dan dihadiri oleh perwakilan DPRD Provinsi Jambi, Pimpinan dan anggota DPRD Kab. Tanjabtim, OPD lingkup Kab. Tanjabtim, Camat Sadu, Camat Nipah Panjang, Camat Berbak, Camat Rantau Rasau, BPN, Tokoh Masyarakat serta instansi terkait lingkup kecamatan.

Kepala SPTN Wilayah I Balai TN Berbak dan Sembilang beserta jajarannya dan Ka Brigdalkarhut TNBS ikut serta mensukseskan musrenbang Tingkat Kecamatan ini bersama Camat Berbak, Kepala Desa Lingkup Kecamatan Berbak beserta instansi terkait lainnya di ruang rapat kantor Kecamatan Berbak secara virtual melalui zoom meeting. Musrenbang Tingkat Kecamatan ini merupakan tindak lanjut dari musrenbang di tingkat Desa yang telah dilaksanakan pada tanggal 20-22 Januari 2021 dimana TNBS telah berpartisipasi aktif dalam kegiatan tersebut mengingat 4 (empat) dari 6 (enam) desa yang berada di Kecamatan Berbak yakni Kelurahan Simpang, Desa Telago Limo, Desa Sungai Rambut dan Desa Rantau Rasau merupakan Desa Penyangga Kawasan TN Berbak.

Dalam sambutan Bupati Tanjung Jabung Timur yang dibacakan oleh staf ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan menghimbau untuk mempertajam RKPD dan Renja Perangkat Daerah Lingkup Kabupaten Tanjabtim, selain itu sesuai arahan dari Pemerintah Pusat bahwa fokus kegiatan yang kedepannya diarahkan kepada Pemulihan Ekonomi Nasional. Kegiatan dimulai dengan paparan dari masing-masing Camat pada Dapil 2 serta narasumber yang berasal dari Bappeda dan DPRD.

Berdasarkan paparan usulan kegiatan dari Kecamatan, terdapat tiga usulan kegiatan yang selaras dengan program kegiatan BTNBS yaitu pelaksanaan pelatihan menjahit yang merupakan tindak lanjut dari kegiatan bantuan peningkatan usaha ekonomi masyarakat oleh BTNBS dalam bentuk mesin jahit, pengadaan perahu wisata  dalam pengembangan wisata di kecamatan Berbak yang terintegrasi dengan wisata kawasan TN Berbak dan pengadaaan peralatan pemadaman kebakaran hutan dan lahan di desa sebagai antisipasi dan pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Dengan aktifnya BTNBS dalam kegiatan musrenbang ini kedepannya diharapkan adanya sinkronisasi perencanaan kegiatan lingkup kecamatan maupun kabupaten dengan program yang ada di BTNBS. Hasil dari kegiatan musrenbang tingkat kecamatan ini dijadikan sebagai bahan pendukung dalam penyusunan RKPD Kabupaten Tanjabtim tahun 2022.

Sumber : Mega Putri Armanesa, Penyuluh BTN Berbak dan Sembilang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here